Traveling Blog by Aden: Indahnya Kota Luwuk

Wednesday, July 25, 2018

Indahnya Kota Luwuk

Bila melakukan penerbangan ke tempat baru, aku selalu memilih duduk di kursi deket jendela agar bisa melihat pemandangan dari ketinggian. Seperti itu pula siang itu saat melakukan Penerbangan Makassar – Luwuk, yang pada cuaca cerah kita disuguhi pemandangan yang menawan. Gradasi warna biru dari pemandangan perbukitan dan laut menjelang memasuki wilayah Banggai begitu mempesona. 

Bandara kota Luwuk bernama Syukuran Aminuddin Amir, berlokasi di tepi pantai dan membelakangi gunung. Landasan pacunya di atas, sementara ruang keberangkatan dan ruang kedatangannya di trap bawah dekat laut. Tidak ada taksi resmi di kota ini, adanya adalah mobil2 pribadi yang disewakan untuk membawa penumpang. Bisa disewa per mobil atau bila sendirian bisa bergabung dengan penumpang lain layaknya angkot. Ongkos perorangan ke kota adalah 50 ribu rupiah. Di kota sendiri ada angkot tapi tidak banyak, rutenyapun tidak terlalu khusus, kita bisa minta turun dan akan diantarkan meskipun ditempat yang tidak dilalui rute resmi mereka. 

Luwuk adalah kota kecil pusat pemerintahan Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah Jaraknya sekitar 600 km atau 16 jam perjalanan darat dari Palu, Ibu Kota Propinsi Sulawesi Tengah. Kotanya kecil namun menawan. Terus terang, sebelum aku menginjakan kaki di kota ini, awalnya underestimate juga dengan kota ini. Aku fikir ini hanya kota kecil yang tidak menarik dan jauh dari makmur. Ternyata hampir semua bank sudah ada di Luwuk. Sebut saja misalnya BCA, BNI, Bank Mandiri, BRI, Bank Danamon, Panin, Bank Mega, Bank Muamalat, Mandiri Syariah, dan tentu saja Bank Sulteng.Penerbangan ke kota inipun ternyata banyak Garuda Indonesia, Wings Air, Sriwijaya Air, dan Express Air terbanga ke kota ini. 

Kami menginap di hotel Estrella, tidak jauh dari bandara. Hotel ini menyediakan fasilitas shuttle untuk jemput antar ke bandara, juga tersedia shuttle untuk drop off atau pick up anda ke suatu tempat di kota Luwuk. Kalau tidak ada fasilitas itu repot juga mengingat hotel ini berlokasi di atas bukik sementara kota ada dibawah, di sepanjang pesisir pantai, dimana di kota ini tidak ada taksi yang bisa kita order. 

Ngomong2 soal pantai. Kilo Lima adalah pantai yang cukup resik bersebelahan dengan jalan poros kota ini. Pantai ini menjadi icon dan tempat pariwisata utama kota Luwuk. Tak ada biaya untuk menikmati pantai ini. 

Pantai Kilo Lima tidak hanya pantainya yang bersih tapi alam bawah lautnya juga konon sangat indah dan menarik. 

 Semua keindahan Luwuk bisa kita nikmati panoramanya dari ketinggian bukit Keles. Luar biasa.

3 comments:

  1. The information you share is amazing thanks for sharing this types of amazing post.

    ReplyDelete

  2. coupons-me have many coupon code stores.they provide many deals and discount offers on every store.
    if you are interested so click on the given link
    promo code

    ReplyDelete

  3. anthropologie promo code


    Thanks for sharing this amazing article, it is very informative post good work keep it up.

    ReplyDelete