Monday, July 23, 2012

Nge-Blog Dapat DuiT

Dikarenakan masih juga ada pertanyaan tentang bagaimana cara menghasilkan duit dari blog, maka meskipun sebenarnya tulisan ini telah saya posting sekitar 4 tahun lalu di blog saya yang khusus berbahasa Indonesia, rasanya tidak salah juga bila diposting ulang disini. 
Dikarenakan “tuntutan pasar” memang sebelumnya saya khususkan menulis dalam bahasa Inggris di blog ini, namun lama-lama cape juga… gpp lah bila kemudian sebagai akibatnya saya jadi tidak banyak lagi dapat mendulang dollar melalui tulisan dari blog ini, saya akan mencoba beralih untuk lebih focus ke google adsense saja. Wish me luck. 

Berikut tulisan yang saya maksud:

 

ngebloG dapaT duiT


Dalam pertemuan dengan para blogger di kantor Depkominfo di Jakarta, Senin 7 April 2008, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Muhammad Nuh menyatakan bahwa:
"Kita mendorong agar blogger menjadi sebuah komunitas baru, yang menyebarluaskan fungsi edukasi, fungsi penguatan kepada masyarakat dan menyebarluaskan fungsi pencerahan yang dibingkai untuk mengembangkan nasionalisme bangsa. Kita ingin membuka kesempatan para blogger untuk memberikan kontribusi sekecil apapun. Kita berusaha untuk mengurangi dampak negatif,"
*
Berbicara tentang kontribusi seorang blogger, tentulah banyak cara yang bisa dilakukan sehingga blog kita itu dapat bermanfaat bagi masyarakat luas atau sekurangnya bagi diri sendiri, baik itu manfaat dilihat dari sisi komunikasi, informasi, edukasi dan lain sebagainya. Jangan lupa, sebagai seorang blogger anda juga bisa menyumbang devisa buat negara, sehingga kita menjadi tidak kalah dengan para pahlawan devisa, yaitu para TKI diluar negeri, dimana Menurut Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat, hingga tahun 2007 uang yang dikirim Tenaga Kerja Indonesia ketanah air nilainya mencapai US$. 480 milyar, tiga kali lipat dari investasi langsung negara maju ke Indonesia.

Sebagai seorang blogger anda juga bisa menyumbangkan devisa bagi negara dengan cara mendatangkan dollar dari luar negeri, tanpa anda harus bekerja diluar negeri. Dimana dollar yang anda peroleh itu dapat anda tarik langsung masuk ke rekening tabungan anda ditanah air cukup dari koneksi internet saja, tanpa perlu susah-susah meng'uang'kannya sebagaimana halnya ketika anda menerima kiriman cek. Menarik bukan?

Ini bukan sekedar ’katanya’ lho, karena saya telah membuktikannya sendiri. Dari beberapa blog yang saya kelola, alhamduLillah selama lebih dari setahun ini, saya secara kontinyu dapat menarik dollar ke rekening saya.

Nah, bagi anda yang belum paham, pada posting kali ini saya akan mencoba membahasnya, mudah2an anda dapat mengambil manfaatnya juga.

Ada banyak program yang bisa anda ikuti, sehingga blog anda menghasilkan dollar, misalnya anda mengikuti program dibayar per-klik dari google adsense, adbrite, Text-Link-Ads, Amazon Affiliates dll. Atau juga mengikuti program paid review, yang adalah suatu program dimana anda mendapatkan tugas untuk menulis review terhadap suatu produk ataupun jasa.

Yang akan saya bahas sekarang adalah menghasilkan dollar dengan mengikuti program paid review dimana anda akan dibayar untuk membuat artikel yang mengulas sebuah produk ataupun jasa, tulisan yang anda buat dan kemudian diposting diblog anda sendiri. Semakin tinggi Page Ranking blog anda maka kesempatan untuk mendapatkan job semakin banyak, dan tentu saja bayaran yang lebih tinggi pula. Namun jangan khawatir, bilapun blog anda berPR 0 blog anda masih tetap bisa mengikuti program ini. Hanya tentu saja, blog anda biasanya akan sepi order kecuali blog anda memiliki kelebihan dari segi yang lain seperti traffic yang tinggi atau link ke situs anda cukup populer.

Untuk mendapatkan kesempatan ini, pertama-tama yang harus anda lakukan adalah dengan cara bergabung dengan situs biro iklan, karena biro iklan inilah yang akan memberi anda pekerjaan ataupun menjadi penghubung antara anda dengan pihak yang akan di iklankan.

Ada banyak biro iklan semacam ini, diantaranya: payperpost, smorty, reviewme, payou2blog, blogitive, buyblogreviews, sponsoredreviews, blogvertise, dll.Hanya saja biro-biro iklan tersebut hanya mau menerima blog-blog yang minimal berusia 3 bulan dengan jumlah posting minimal 30 dan blog berbahasa Inggris. Tapi bagi anda yang memiliki blog berbahasa Indonesia tidak perlu kecewa, karena dua yang disebut terakhir (sponsoredreviews dan blogvertise) mau juga kasih kerjaan pada blog yang berbahasa Indonesia, sekalipun posting untuk produk yang di iklankan tetap harus ditulis dalam bahasa Inggris.

Sebelum anda mendaftar kepada biro-biro iklan itu, terlebih dahulu anda harus memiliki account di paypal, dikarenakan saat anda mendaftar dibiro iklan, maka anda diminta untuik mengisikan account paypal anda, yang tujuannya adalah apabila anda diterima dan mendapatkan pekerjaan, maka setiap pembayaran atas npekerjaan anda itu akan mereka transfer langsung ke rekening paypal anda. Jangan khawatir untuk buka account dipaypal tidak ada biayanya, kok.

O ya, uang yang masuk ke account paypal, bisa anda tarik kapan saja dan bisa langsung ke rekening tabungan di bank2 manapun ataupun juga ke kartu kredit visa atau master anda. Dengan catatan, apabila anda menarik dollar itu kerekening bank tabungan diIndonesia, maka paypal akan langsung mengkonversi uang anda ke rupiah. Bila yang anda tarik itu nilainya setelah dikurs adalah Rp 1,500,000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah) keatas, maka tidak ada biaya atas penarikan itu, namun apabila yang anda tarik adalah kurang dari itu, maka paypal menarik biaya dari anda sebesar Rp 16,000,- (enambelas ribu rupiah) sedangkan apabila anda menarik uang itu ke kartu kredit anda, maka bentuknya tetap dalam dollar dan dikenakan biaya $5 untuk setiap kali penarikan. Nah, untuk membuka account di paypal, silahkan anda klik disini.
Setelah anda memiliki account paypal, maka segeralah bergabung dengan biro2 iklan berikut, siapa tahu blog anda disetujui dan kepada anda diberikan pekerjaan.
1. sponsoredreviews.com.. biro iklan ini mau juga kasih kerjaan pada blog yang berbahasa Indonesia, sekalipun posting untuk pekerjaan dari mereka tetap harus dalam bahasa Inggris. Bila anda telah diterima, maka akan ada banyak pekerjaan yang bisa anda pilih dengan bayaran antara $5 hingga $999 per tulisan yang panjang tulisannya ditentukan (ada yang hanya cukup 50 kata saja dan yang panjang paling 400 kata saja), anda bisa menentukan berapa anda ingin dibayar untuk tulisan itu selama itu ada didalam range yang ditawarkan oleh si pemilik produk/jasa. Setelah itu tunggu pemberitahuan lewat e-mail, karena apabila si pengiklan tertarik akan ada pemberitahuan dan anda mendapatkan pekerjaan itu. Untuk setiap pekerjaan yang anda selesaikan pihak sponsoredreviews akan memotong honor anda, untuk jasa mereka sebesar 35%nya. Honor yang terkumpul di sponsoredreviews akan ditransfer ke account paypal anda sebulan 2 kali yaitu pada pertengahan dan akhir bulan. Jika setelah anda mengajukan penawaran untuk membuat review namun pemberitahuan ke e-mail anda tidak kunjung tiba, maka itu artinya si empunya produk tidak tertarik untuk mengiklankan produknya diblog anda. Jangan khawatir ada banyak pilihan, kok. Untuk mendaftar ke sponsoredreviews.com, silahkan anda klik disini, jangan ditempat lain. Karena jika anda mengklik disini, dan anda berhasil mendapatkan pekerjaan dari sponsoredreviews, maka sponsoredreviews juga akan membayar saya karena telah mereferensikan pada anda. Jangan khawatir, karena honor yang diberikan pada saya sama sekali tidak mengurangi sedikitpun dari bagian honor anda!
2. blogvertise.com sama dengan sponsoredreviews.com, biro iklan ini juga mau kok kasih kerjaan untuk blog yang bukan berbahasa Inggris. Prosedurnya sama seperti diatas, hanya saja dibiro iklan ini kita tidak bisa memilih pekerjaan, karena apa yang bisa kita tulis adalah apa yang biro iklan itu berikan. Honor disini adalah sudah bersih, tidak ada potongan lagi seperti di sponsoredreviews.com.

Saya kira untuk sementara cukup itu dulu, insya Allah nanti saya akan lanjutkan dengan biro2 iklan lainnya.

No comments:

Post a Comment