Wednesday, August 1, 2012

Mencoba Trans Sarbagita

Trans Sarbagita
Jalan-jalan di Bali kali ini mengunjungi beberapa tempat tujuan wisata dengan memanfaatkan transportasi gratis dari Bus Trans Sarbagita (kependekan dari Trans Denpasar-Badung-Gianyar-Tabanan).

Trayek yang digratiskan sampai dengan tanggal 31 Agustus 2012 adalah Koridor 1 dan koridor 2 jurusan Batubulan - Nusa Dua dan Kota - GWK. Bus ber-AC sekelas Trans Jakarta ini cukup nyaman untuk ditumpangi.
 
Rute yang coba kami tumpangi diantaranya adalah naik dari terminal Batubulan turun di Sentral Parkir Kuta, lalu dari Sentral Parkir Kuta ke Jimbaran, kami cobai juga naik dari Sanur ke Nusa Dua, kemudian dari Nusa Dua ke Sentral parkir Kuta.

Melengkapi Trans Sarbagita, pemerintah Propinsi Bali juga menyediakan trayek angkutan pengumpan (feeder) Trans Sarbagita. Angkutan pengumpan ini dilengkapi beberapa fasilitas dan pelayanan yang baik bagi penumpangnya seperti adanya jadwal keberangkatan dan kedatangan, kendaraan berusia muda dengan dilengkapi AC, kursi penumpang menghadap ke depan, audio cukup bagus dan dikemudikan oleh seorang pengemudi yang disertai seorang pramujasa yang keduanya mengenakan pakaian seragam. Waktu antar kendaraan adalah 15 menit, mobil keluaran Korea ini memiliki tempat duduk 11 orang dan sebagaimana juga Trans Sarbagita, jam operasi angkutan pengumpan ini adalah pukul 05.00 – 21.00 wita. 
feeder Trans Sarbagita

Rute trayek mobil pengumpan Trans Sarbagita yang kami coba adalah Trayek II Kelan – Kedonganan – Uluwatu dan turun di GWK. Setelah selasai di GWK lalu lanjut dengan mobil serupa ke Uluwatu, selesai di Uluwatu balik langsung ke Kelan untuk kemudian mengunggu Trans Sarbagita. Penumpangnya sepi, hanya beberapa orang saja bahkan lebih banyaknya hanya kami ber-2 saja plus 2 awak mobil. 

Tarif Trans Sarbagita adalah rp 3,500,-untuk dewasa dan rp 3,000,- untuk pelajar. Tarif akan berlaku lagi setelah lewat tanggal 31 Agustus 2012. Sedangkan tariff mobil pengumpan adalah rp 3,000,- dan tidak ada bulan gratis.

No comments:

Post a Comment