Wednesday, May 8, 2013

Kupang: Gong Perdamaian Nusantara

Bandara El Tari
Setelah menempuh perjalanan selama 4 jam 15 menit (dihitung dengan waktu transit di Surabaya) akhirnya pesawat yang kami tumpangi mendarat di pelud El Tari Kupang. Udara yang cukup panas menyambut kedatangan kami siang itu. Bandara El Tari ternyata hanya sebuah Bandara kecil saja, tempat pengambilan bagasi hanya ada satu, pendek dan tidak melingkar.

Kupang merupakan Ibukota Propinsi Nusa Tenggara Timur terletak di pulau Timor, salah satu pulau terbesar di propinsi yang memiliki 550 pulau, Rote yang merupakan pulau paling selatan Indonesia. Tekstur tanah Kota Kupang mayoritas adalah karang.

Jalan raya Timor: menuju ke Timor Leste
Berbicara tentang Pulau Timor ingatanku langsung kepada Timor Timur yang kini telah menjadi Negara Timor Leste. Timor Leste memang berada di pulau yang sama dengan Kupang. Pulau Timor bagian barat merupakan bagian dari propinsi NTT sedangkan bagian timurnya adalah Negara Timor Leste. Pulau Timor merupakan pulau ke tiga di Indonesia setelah Kalimantan dan Irian yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga.

Kupang merupakan kota yang terletak dilereng bukit dan berhadapan dengan teluk Kupang. Meskipun merupakan ibukota propinsi, namun rasanya masih belum seberkembang ibukota propinsi lain. 

Gong Perdamaian
Salah satu tempat yang kami kunjungi adalah lokasi Gong Perdamaian Nusantara yang terletak di taman Nostalgia. Konon gong ini peresmiannya dilakukan oleh Pak SBY pada 9 februari 2011.

Kononnya lagi "Gong Perdamaian Nusantara" merupakan "Sarana Persaudaraan dan Pemersatu Bangsa" yang secara khusus diciptakan oleh The World Peace Committee (Komite Perdamaian Dunia) yang misinya untuk menyatukan seluruh elemen Bangsa Indonesia menuju kejayaan Nusantara yang kita cita-citakan bersama. 450 Tahun yang lalu, tepatnya di desa Plajan Kabupaten Jepara- Jawa Tengah, dilereng Gunung Muria telah disematkan sebuah semangat dan cita-cita luhur, sebuah keinginan yang kuat untuk menuju Peradaban Damai yang simbolisasinya dibuat dalam bentuk Gong oleh Sunan Kalijaga, salah satu Wali Sanga di Tanah Jawa, yang memiliki keinginan luhur untuk menembus lapis peradaban yang saat itu berkembang, menuju puncak Peradaban tertinggi yakni peradaban Damai.

View ke laut yang indah
Gong Perdamaian Nusantara ini merupakan salah satu dari enam gong perdamaian yang ada di Indonesia. Gong-gong lainnya terdapat di kota Yogyakarta, Palembang, Kutai Kartanegara, Jakarta, dan Ambon.
bandara di waktu pagi

Kononnya lagi seluruh Gong Perdamaian Nusantara yang tersebar di Indonesia, dibuat di kota Jepara.

8 comments:

  1. wah hebat gan perjalanan hidup yang begitu menyenangkan ,,,sukses selalu ya gan ...

    ReplyDelete
  2. Damai sekali memang, saya ingin kesana

    ReplyDelete
  3. work at home, no signup fees, unlimited income work at home
    without paying signup fees earn an unlimited income working
    with 20,000 companies for more information visit:
    http://tinyurl.com/3gce3ot) ids (11659)

    ReplyDelete
  4. free work at home job work at home
    completing simple surveys from home.
    no registration fees.join today
    (http://tinyurl.com/6j53ne6) ids(11659)

    ReplyDelete
  5. Saya ucapkan terimakasih kepada pembuat artikel ini, artikel ini berisi informasi yang sangat bermanfaat untuk smeua pembaca khususnya saya sendiri. Saya tunggu lagi informasi-informasi lainnya yang tidak kalah menarik.
    Sukses selalu untuk anda

    kunjungi web kami untuk menambah ilmu
    Judi Online www.168sdbet.com
    terima kasih

    ReplyDelete