Traveling Blog by Aden: Berziarah ke Makam Bung Karno

Monday, February 19, 2018

Berziarah ke Makam Bung Karno

Setelah lama tidak menulis di blog ini, akan saya coba menulis kembali. Kali ini saya akan berceritera tentang kunjungan ke makam Proklamator Bung Karno di kota Blitar, Jawa Timur. Ini bukan kali pertama saya datang berziarah ke makam Bung Karno, ini kali ke-dua.


Makam Bung Karno yang merupakan ikon wisata kota Blitar terletak di utara kota Blitar yaitu di kelurahan Bendogerit kecamatan Sanawetan kota Blitar Jawa Timur makam Beliau ini diapit oleh makam kedua orang tua beliau yaitu R. Sukemi Sosrodiharjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. 


Setiap harinya makam beliau selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai peloksok tanah air bahkan manca Negara, juga sebagaimana anda mafhum makam beliau inipun selalu ramai di datangi para tokoh politik yang akan mengadu peruntungan diajang Pileg atau Pilkada juga Pilpres.

Tepat di pintu masuk makam terdapat patung Besar bung Karno yang sedang membaca. Ada juga perpustakaan yang letaknya ada di pintu selatan, didalamnya tersimpan buku-buku khusus mengenai sejarah bangsa Indonesia dan Bung Karno. Selain perpustakaan ada juga ruangan lain yang di dalamnya terpajang foto2 dokumentasi Bung Karno. 



.

Bung Karno, Proklamator dan Presiden Pertama Republik Indonesia, lahir pada 6 juni 1901 di Blitar dan wafat pada 21 Juni 1970. Beliau adalah seorang inspirator yang telah banyak menginspirasi warga dunia. Salah satu pidato bersejarah Beliau didepan dewan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 30 September 1960 bertajuk  To Builld The World A New beliau telah menggugah kesadaran warga dunia, dengan konsep beliau tentang Pancasila sebagai intisari dari peradaban Indonesia. Pidato Beliau ini digambarkan pada relief-relief di dinding lingkungan makamnya.

Untuk masuk ke komplek makam ini tidak dipungut biaya.

No comments:

Post a Comment